Senin, 08 Maret 2010

Permasalahan Siswa Tentang Patriotisme Saat Ini

Semangat patriotisme di masa generasi muda ini sudah mulai luntur. Hal itu di karenakan akibat dari derasnya arus globalisasi dan budaya luar ke Indonesia tanpa di saring terlebih dahulu.

" Sekarang banyak siswa siswi, mahasiswa, dan kalangan anak muda yang lainnya yang sepertinya sudah tidak mengenal lagi lagu-lagu perjuangan nasional Indonesia. Mereka cenderung lebih kenal dantahu lagu-lagu dari luar maupun dari dalam negri, tanpa menghiraukan bertapa pentingnya lagu-lagu perjuanga nasional Indonesia "


Hal - hal tersebut di sebabkan karena kurangnya rasa pendidikan seseorang mengenai budaya nasional dalam pendidikan kesenian di sekolah. ini dapat di katakan sebagai penyebab utama lunturnya rasa nasionalisme dan Patriotisme di kalangan siswa, dan kalangan muda lainnya. Bahkan, kedisiplinan kalangan muda pada zamain ini pun sudah tidak ada. Ini terlihat dari kurang disiplinnya kalangan muda pada zaman ini dalam belajar sehari-hari. Salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan Patriotisme yaitu dengan melakukan upacara bendera karna hal tersebut dapat meningkatkan rasa cinta Tanah Air dan peduli sesama pelajar, guru, dan karyawan sekolah. Namun, masih banyak sekolah yang melaksanakan upacara bendera setiap dua minggu sekali, bahkan satu bulan sekali.


" Jelas hal ini akan menurunkan rasa cinta Tanah Air dan patriotisme di kalangan pelajar "


Maka dari itu kita harus menumbuhkan kembali sikap Patriotisme dalam diri kita masing - masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar